Beberapa Kesalahan Pemanasan Sebelum Olahraga

5/5 - (2 votes)

Hallo Sobat Olahraga, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Beberapa Kesalahan Pemanasan Sebelum Olahraga nih.

Pemanasan merupakan suatu hal yang penting untuk selalu dilakukan sebelum melakukan proeses olahraga agar menghindari yang namanya Kesalahan Pemanasan seperti cidera pada saat melanjutkan olahraga, Sementara itu masih sangat banyak sekali orang yang tidak peduli akan hal ini, Bahkan sudah melakukanpun seseorang masih beresiko untuk cedera apalagi tidak melakukannya sama sekali, Demi melakukan dan menghindari kesalahan yang tidak perlu dan juga ngebantu fleksibilitas dari semua fungsi otot-otot, Ada baiknya sekali Sobat mengetahui mana yang betul dan tidak seputar pemanasan ini, Yuk ke pembahasan.

Beberapa Kesalahan Pemanasan Sebelum Olahraga
Ilustrasi: Demo beberapa gerakan pemanasan.

Tidak Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan sangatlah penting dilakukan, Tapi jangan lakukan peregangan otot-otot ketika masih dingin, Karena bisa berakibat buruk.

Hal yang sangat pertama yang harus dilakukan yakni melemaskan semua otot-otot agar bisa melakukan peregangan, Sobat bisa melakukannya hanya dengan mencoba berjalan kaki atau menggunakan sebuah bola kecil yang dilakukan berputar-putar ke bagian paha luar atau bokong.

Melakukan Lompatan Saat Pemanasan

Pemanasan ini biasa dikenal juga dengan peregangan statis, Maka dari itu Sobat memang harus untuk tidak banyak melakukan gerakan.

Semua orang punya ketidak seimbangan dalam fungsi otot-otonya masing-masing yang bisa menyebabkan jaringan parut terbentuk dari otot loh, Jaringan itu berbentuk seperti lem, Bila melompat-lompat, Sistem saraf akan membuat siparut itu beredar dan menyebar, Maka dari itu Kesalahan Pemanasan harus benar-benar diperhatikan agar minim terjadi.

Lihat Juga: Mana yang lebih bagus untuk olahraga Pagi atau Sore?

Terlalu Lama Melakukan Pemanasan

Untuk pmenasan sendiri tidak perlu dilakukan terlalu lama, Dikarenakan sebuah penelitian statis selama 20/60 dan 90 detik punya efek sama.

Karena itu cukup saja batasin pemanasan selama-lamanya 20 detik saja, Di tempat sebelum olahraga.

Tidak Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Pemanasan/Regangan tidak cuma diperlukan saat sebelum olharaga saja, Namun perlu juga dilakukan setelah olahraga berat ternyata.

Ketika berolahraga, Otot-otot akan menjadi agak pendek, Maka kamu perlu melakukan suatu metode pendinginan untuk dapat mengembalikan kondisi otot-ototo kebentuk asalnya.

Tidak Melakukan Pemanasan Hampir Setiap Hari

Bukan cuma pada saat akan berolahraga, Pemanasan sebaiknya pun dilakukan setiap hari, Seperti sebelum atau setelah melakukan aktivitas.

Didalam penerlitian dikatakan bahwa jangan menggunakan sepatu hak tinggi/High Heels, Jangan duduk terlalu lama, Jangan pakai telepon genggam terlalu lama, Karena bisa membuat masa otot-otot didalam tubuh menjadi kaku, Maka sebab itu Sobat sangat diperlukan untuk peregangan dan pemanasan untuk mengatasinya.

Menganggap Sudah Lentur dan Tidak Lagi Pemanasan

Untuk pemanasan sendiri tidak ada hubungannya sama sekali dengan kelenturan, tapi berkaitan dengan keseimbangan otot.

Bahkanpun seorang atlet professional saja pun masih tetap membutuhkan yang namanya persiapan sebelum melakukan olahraga, Karena itu pemanasan olaharaga sebaiknya tidaklah ditinggalkan begitu saja sobat.

Beberapa Kesalahan Pemanasan Sebelum Olahraga
Ilustrasi: Berbagai macam Pemanasan.

Penutup

Terima kasih kepada pembaca sobat Olahraga senang bisa berbagi Info Beberapa Kesalahan Pemanasan Sebelum Olahraga.

Sampai Berjumpa di artikel selanjutnya. 🙂

5/5 - (2 votes)

Artikel Menarik Lainnya!

5/5 - (1 vote)

Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Tubuh

Olahraga Pagi atau Sore lebih bagus?
5/5 - (2 votes)

Olahraga Pagi atau Sore lebih bagus?